Pages

Senin, 25 Mei 2015

Membedakan jenis kelamin burung kenari umur muda

Membedakan jenis kelamin burung kenari pada umur muda merupakan hal yang sedikit sulit apabila belum mengetahi cara membedakannya. Perbedaan fisik dan perilaku anak kenari harus dilihat dengan jeli, karena jika dilihat sekilas fisiknya hampir sama. Berikut adalah hal yang perlu dilihat pada anak kenari untuk membedakan jenis kelaminnya:


  •       Usia sekitar 3 hari, pada kenari jantan nampak  pembuluh vena di sebelah perut yang  menuju ke dubur burung. Tetapi pembuluh tersebut tidak akan nampak pada kenari betina, hal ini akan lebih mudah dilihat saat kenari belum tumbuh bulu.
  •       Usia  5 s/d 8 hari, tenaga anakan kenari jantan lebih kuat, ini dapat  dilihat dangan cara menaruh anakan kenari secara sejajar seperti kuda pacu, yang lompatanya paling jauh adalah pejantan.
  •       Tulang belakang  anakan kenari jantan  memliki warna yang lebih kaku dan lebih pekat , kekakuan dan kepekatan warna burung betina tidak sepanjang  yang  dimiliki tulang belakang pejantan.
  •       Usia sekitar 6 s/d 7 hari, kenari jantan memiliki  mata yang sejajar dengan paruh. Sedangkan kenari betina memili mata yang terletak di atas paruh, sehingga kepala terlihat lebih bulat.
  •      Perilaku peyik jantan libih rakus , berbunyi paling keras, dan berdiri lebih tinggi saat diberi makan oleh induk. Peyik betina cenderung makan  lebih sedikit dari pada jantan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar