Pages

Senin, 25 Mei 2015

Membedakan kenari jantan dan betina

Membedakan jenis kelamin  burung kenari adalah hal mendasar yang perlu diketahui oleh pecinta burung , selain itu membedakan jenis kelamin burung kenari juga sangat bermanfaat untuk melakukan pemilihan indukan dalam proses pengembangbiakan  atau breeding. Membedakan jenis kelamin berung kenari dapat dilihat dari perbedaan fisik dan perilakunya, berikut adalah cara untuk membedakan burung kenari jantan atau betina :Sekitar umur 5 bulan , kenari dapat dibedakan dari warna yang dimilikinya. Kenari jantan umumnya memiliki warna yang lebih terang dan mencolok dibagian-bagian tertentu ditubuhnya. Sedangkan kenari betina memiliki warna yang lebih kusam dari pada kenari jantan.
>Dari bentuk kepala, kenari jantan memiliki kepala yang lebih datar atau pipih dibanding betina. Kenari betina memiliki kepala yang lebih bulat dari pada jantan.

>Jari-jari kaki kenari betina lebih kecil dan pendek sehingga mudah menyatu satu sama lain saat berpijak, sedangkan kenari jantan memiliki ukuran yang basar dan panjang apabila dibandingkan dengan betina pada umur yang sama.

>Struktur kaki betina mimiliki ukuran yang lebih pendek dibanding pejantan.

>Perilaku kenari jantan lebih agresif dan berani, sedangkan perilaku kenari betina lebih lembut dari pejantan.

>Lihatlah saat kenari duduk, kenari betina akan duduk lebih rendah karena ukuran kaki yang lebih pendek. Selain itu kenari betina akan berkelahi dengan kenari jantan ketika ingin berkicau.

Berikut ini adalah gambar perbedaan kenari jantan dan betina



Tidak ada komentar:

Posting Komentar